BANTUAN KEPADA KORBAN GEMPA LOMBOK

167 Views

[9 Maret 2019]

Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 terjadi pada 29 Juli 2018 merupakan awal dari rangkaian gempa bumi Lombok di tahun 2018. Berdasarkan laporan awal Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 30 Juli 2018, gempa bumi yang terjadi di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengakibatkan banyak korban jiwa dan lebih dari 10.000 bangunan rusak. Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat setidaknya terdapat 585 kejadian gempa susulan sampai dengan 5 Agustus 2018. Tentunya kejadian ini memperbanyak jumlah korban jiwa dan memperparah kerusakan bangunan di Lombok, Bali, dan sebagian di Sumbawa bagian barat.

Sehubungan dengan kejadian bencana alam tersebut, INKINDO berinisiatif untuk membangun kembali Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Jeringo, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang sebelumnya hancur akibat gempa bumi pada Agustus 2018. Poskesdes Jeringo ini diresmikan oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, bersama Ketua Umun Dewan Pengurus Nasional (DPN) INKINDO, Ir. H. Peter Frans, Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) INKINDO NTB, Ir. H. Hasmudin, dan Kepala Desa Jeringo, Sahril, serta didampingi oleh jajaran Pengurus DPN dan DPP NTB di Lombok Barat, pada Sabtu 9 Maret 2019.

Poskesdes Jeringo, pada awalnya adalah Pos Persalinan Desa (Polindes) pertama di NTB. Dulunya, diresmikan langsung oleh Gubernur NTB Warsito (Periode 1988-1988), bersama Bupati Lombok Barat, L. Mudjitahid, dan pejabat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kemudian Polindes pertama ini menjadi embrio dibangunnya Polindes-Polindes lain yang tersebar di berbagai desa di NTB. Seiring dengan perjalanan waktu, nama Polindes berubah menjadi Poskesdes. Melihat dari historis sekaligus pentingnya keberadaan Poskesdes di Jeringo ini, maka INKINDO membangun kembali Poskesdes dengan konsep yang lebih modern, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kesehatan.

Pada kesempatan tersebut Sahril menyampaikan apresiasi kepada INKINDO dan ucapan syukur karena Poskesdes Jeringo dapat kembali beroperasi. Semoga kepedulian INKINDO terhadap bencana yang terjadi Lombok dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas yang membutuhkan layanan kesehatan.

Baca Juga:

No comments