Dukung UU Jasa Konsultan, Inkindo Sumbar Gelar Acara Forum Anggota

142 Views

Padang, Sumbartoday.com

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sumatera Barat menggelar acara Forum Anggota (Fora) I tahun 2019 di Hotel Inna Muara Padang, Sabtu (30/3).

Acara ini di hadiri oleh Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo, Ir. H. Peter Frans, LPJK Sumbar Asrini, ST, MT, Ketua Inkindo Sumbar Ir. Martios, DKP Inkindo Sumbar Ir. H. Metri Hasan, Mantan Ketua Inkindo Sumbar Ir. H. Zulfan Zairin, IAI, LPJK Sumbar Asrini, ST, MT, Nara Sumber Dr. Ir. Jafril Tanjung, MT, Pengurus Inkindo Sumbar 2018-2022 dan seluruh anggota Inkindo se-Sumbar.

Ketum DPN Ir. H. Peter Frans menyampaikan, untuk mewujudkan UU tersebut pihaknya telah melakukan FGD di 11 Provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk mencari benang merah terkait masalah tersendatnya keinginan mereka dalam mewujudkan lahirnya UU Jasa Konsultan.

Setelah FGD kami sudah menemukan apa permasalah yang sebenarnya, sehingga UU Jasa Konsultan yang kami harapkan tak kunjung lahir. Masalahnya mulai dari biaya yang tidak sedikit, waktu dan kepentingan. Karena UU Jasa Konsultan tak kunjung lahir, maka Inkindo menurunkan ratenya dari UU menjadi Perpres tentang peningkatan dan pengembangan jasa konsultan, ujar Ketum DPN Inkindo Ir. H. Peter Frans.

UU yang dimaksud, bukan overload dari UU yang ada. Kalau Jasa konstruksi mengadopsi ke UU No. 2/2017 tentang Jasa konstruksi. Begitu juga UU insinyur dan UU profesi lain. Kalau menyangkut non konstruksi dia harus menjadi lex spesialis di UU Konstruksi. Nah kondisinya sekarang soal politis permintaan Inkindo tidak masuk karena tidak masuk di prolegnas. Maka kami turunkan rate dari UU menjadi Perpres tentang peningkatan dan pengembangan jasa konsultan. Ini untuk mengisi kekosongan yang ada, terang Ketum DPN Inkindo Ir. H. Peter Frans.

“Pemerintah tidak memandang konsultan sebagai prioritas, kalau dipandang sebagai prioritas tentu ada inisiasi dari pemerintah atau DPR sebagai pembuat kebijakan”, tegasnya.

Peraturan di daerah, Inkindo telah mengirimkan draf Pergub ke masing-masing Provinsi di Indonesia. Dengan adanya Pergub tentang jasa konsultan, maka bisa melindungi APBD, dengan Pergub teman-teman di daerah bisa bekerja, terangnya.

“Tak perlu menunggu keluarnya UU, karena dalam peraturan yang berlaku, Pemda dapat mengeluarkan Pergub khusus, guna melindungi konsultan kecil dan menengah ini”, ucap Ketum DPN Inkindo Ir. H. Peter Frans.

Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Inkindo Sumbar Ir. Martios Allius menyampaikan, Saat ini kita sedang mengumpulkan semua aturan terkait dengan konsideran dari terbitnya Pergub.

Setelah itu akan kita sampaikan ke Provinsi melalui biro terkait atau langsung ke Sekdaprov Sumbar untuk bisa ditindaklanjuti. Kalau secara nasional, sudah kita siapkan, ucap Ketua DPP Inkindo Sumbar Ir. Martios Allius.

“Kita akan bahas masalah ini pada rakernas di Yogyakarta pada April 2019 nanti”, ujar Ketua DPP Inkindo Sumbar Ir. Martios Allius kepada Sumbartoday.com.

Ketua Panitia Pelaksana Fora I Inkondo Sumbar Darma Hendra, ST, MT, CST menyampaikan, acara Fora I Inkindo Sumbar ini terdiri dari 3 sesi yaitu Sesi Pertama di isi dengan pemberian materi makalah tentang Program PPKB Online, Sesi Kedua Workshop hasil penelitian “Kesalahan Umum Dalam Pelaksanaan Konstruksi Beton Bertulang di Sumbar.

Sesi Ketiga akan dilaksanakan acara diskusi panel tentang “Pembahasan Billing Rate, Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) No. 17 Tahun 2018 tentang Pendaftaran Pendirian CV telah dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM dan tidak lagi di Pengadilan Negeri”, Surat Edaran Menteri PU
No. 06 tahun 2014 tentang Keabsahan SBU, SKA, SKTK, lanjut Darman Hendra, ST, MT, CST.

-Robbie Pratama-
Sumber: http://www.sumbartoday.com/dukung-uu-jasa-konsultan-inkindo-sumbar-gelar-acara-forum-anggota/

Baca Juga:

No comments