Hut Ke-43, INKINDO Wujudkan Jasa Konsultan Yang Berintegritas

200 Views

Konstruksi Media – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) tepat pada 20 Juni merayakan hari jadinya yang ke-43. Sejalan dengan visinya yakni terwujudnya perusahaan Jasa Konsultan yang berintegritas, professional dan inovatif. INKINDO terus berupaya meningkatkan profesionalitas sebagai konsultan terkemuka di Indonesia.

Ketua Umum INKINDO Ir. H. Peter Frans mengatakan konsultan harus bisa menangkap ide atau gagasan, yang gkemudian dituangkan dalam bentuk desain, pekerjaan, pengawasan, penggunaan dan seterusnya.

Ia menjelaskan peran konsultan dalam setiap pembangunan sangat penting.

“Pada prinsipnya konsultasi itu tidak hanya terkait infrastruktur saja, akan tetapi dari hulu hingga ke hilir mecakup segala aspek kehidupan manusia. Tidak ada negara maju tanpa konsultannya yang maju, begitu juga tidak ada negara yang hebat tanpa konsultannya yang hebat karena konsultan membangun peradaban,” ungkap Peter di momen hari jadi INKINDO yang ke-43, Senin, (20/6/2022).

Untuk itu, lanjutnya, dalam menjalankan segala bentuk aktivitasnya INKINDO memiliki misi salah satunya yakni untuk menjadikan INKINDO sebagai Organisasi Pembelajaran (Learning Organisation) yang stabil dan elastis;

Kemudian, meningkatkan efektivitas INKINDO sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antar Anggota dengan para pemangku kepentingan; lalu menegakkan norma dan kode etik serta aturan organisasi; juga meningkatkan profesionalitas dan kompetensi Anggota; selanjutnya mewujudkan dan menjaga marwah usaha jasa konsultan; selain itu juga mewujudkan dan menjaga iklim usaha jasa konsultan yang kondusif; serta menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan berwawasan lingkungan.

Salah satunya yakni dalam pembangunan mega super prioritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Peter Frans mengungkapkan peran konsultan lokal ikut terlibat dari mulai desain hingga lainnya. Seperti halnya pemenang sayembara desain IKN yakni Sibarani Sofian.

“Pak Sibarani Sofian dan timnya (Urban+) menjadi pemenang dalam sayembara IKN yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR. Sibarani merupakan seorang konsultan arsitek, dengan mngusung tema ‘Nagar Rimba Nusa’ beliau berhasil memenangkan sayembara desain IKN, dengan konsep yang ditawarkan yakni tata kota modern, pembangunan manusia, sifat manusia, dan kelestarian alam,” terang Peter.

Ia melanjutkan, untuk desain istana presiden yang akan dibangun di IKN yaitu mengusung konsep Istana Burung Garuda karya I Nyoman Nuarta yang dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Cr. By:  Media Konstruksi

Baca Juga:

No comments

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) merupakan Asosiasi Perusahaan Jasa Konsultan di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1979 di Jakarta.

KONTAK KAMI

Jl. Bendungan Hilir No. 29, Jakarta Pusat 10210

Telp: (021) 5738577

Hp/Hotline: 081315289207

Email: inkindo@inkindo.org