Inkindo Sulsel Gelar Sosialisasi Konversi SBU Elektronik

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (DPP Inkindo) Sulsel menyelenggaran Sosialisasi Konversi SBU Elektronik di Sekretariat DPP Inkindo Sulsel Jl Boulevard Makassar, Kamis (4/7/2019).

Sekretaris DPP Inkindo Sulsel, Ir Ashshiddiq mengatakan, kegiatan ini dihadiri 50 anggota badan usaha anggota Inkindo Sulsel.

“Penyelenggaraan sosialisasi ini sebagai bentuk program kerja bidang pelayanan administrasi dan informasi, dimana diharapkan anggota Inkindo untuk segera melakukan konversi, sehingga perusahaan tersebut dapat tetap eksis dalam berusaha dalam bidang jasa konsultansi dengan diberlakukannya Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Nomor 06/SE/M/2019 tentang sertifikasi badan usaha, sertifikat keahlian, dan sertifikat keterampilan dalam bentuk elektronik ini, bertujuan untuk menjamin tertib administrasi dan menghidari terjadinya pemalsuan,” jelasnya.

Ashshiddiq mengatakan, sertifikasi badan usaha, sertifikat keahlian, dan sertifikat keterampilan dalam bentuk elektronik ini, maka diharapkan anggota Inkindo terdata pada Badan Sertifikat Asosiasi Provinsi Sulsel sekira 250 anggota yang harus melakukan konfersi SBU.

“Konfersi SBU sesuai peraturan tersebut sampai batas 30 september 2019, sehingga penyelenggaran ini akan dilakukan secara bertahap sampai seluruh anggota Inkindo Sulsel telah terkonversi SBU-nya dan Insya Allah kegiatan serupa akan kembali dilaksanakan pada 11 Juli 2019 mendatang,” ujarnya.

“Dari data yang diperoleh terkait penyelenggaran konversi ini, Alhamdulillah, anggota yang berhasil melakukan konversi tahap pertama sebanyak 75 persen badan usaha dan selebihnya tinggal melakukan pengiriman data secara online ke sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI) LPJK,” tambah Ir Salahuddin, Wakil Ketua Bidang Pelayanan Administrasi dan Informasi DPP Inkindo Sulsel.

Pada sosialisasi tampil membawakan materi adalah dewan pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulsel yang juga Wakil Sekretaris Jenderal DPN Inkindo, Ir Muaz Yahya IAI AA, yang sangat mengapresiasi penyelenggaran ini. (****)

Sumber : https://www.rakyatsulsel.co/2019/07/04/inkindo-sulsel-gelar-sosialisasi-konversi-sbu-elektronik/

Seminar Internasional, Diskusi dan Bedah Buku untuk meningkatkan Kompetensi Anggotanya

Surabaya , Sebagai tanggungjawab profesi dan organisasi DPP INKINDO Jawa Timur dan DPP INTAKINDO Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Seminar Internasional dan Diskusi serta Bedah Buku. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Santika Surabaya Jemursari 4 Juli 2019 dengan menghadirkan narasumber yg kompeten dari anggota INTAKINDO Jawa Timur juga Narasumber dari Malaysia. Kegiatan Seminar Internasional ini juga melibatkan kerjasama dengan perguruan tinggi yaitu Unversitas Narotama, UHTM dan UITM Malaysia

Dengan Narasumber .:

(1) PROF. Dr. MOHD IDRUS BIN MOHD MASIRIN (UTHM MALAYSIA) President Academic Congress Malaysia Board of Directors UTHM Malaysia, (2) PROF. MADYA Ts. Dr. MOHD HAZIMAN BIN WAN IBRAHIM (UTHM MALAYSIA) Vice Dean Faculty Civil Engineering UTHM Malaysia (3) PROF. MADYA Dr. MOHD FADZIL BIN ARSHAD (UITM MALAYSIA) Vice Dean Civil Engineering UITM Malaysia.

Dari INTAKINDO (1) Dr.Ir. DJOKO SOEPRIYONO, MT. SH M.Hum, Ketua Umum DPN INTAKINDO, Dari INKINDO (2) IRWAN SUSILO. ST. MT Sekretaris DPP INKINDO Jatim

Dari Akademisi (1). Dr. HANIE TEKI TJENDANI. ST. MT (2). Ir. TONI HARTONO S. MT

Kegiatan ini dilakukan dalam tujuan utama untuk memberikan stimulus kepada Tenaga Ahli untuk selalu Merefresh terus kompetensi dan kedepan akan dibuat BIMTEK dalam bentuk kelas yg lebih fokus pada permasalahan dalam bidang keteknikan. Ibn

Sumber : https://www.inkindojawatimur.org/seminar-internasional-diskusi-dan-bedah-buku-untuk-meningkatkan-kompetensi-anggotanya.html

INKINDO Bangun Sinergi dengan Pemprov Sulsel

Makassar, birohumas.sulselprov.go.id – Ikatan Konsultan Indonesia (INKINDO) membangun sinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan. Keinginan INKINDO Sulsel ini disampaikan langsung saat melakukan audience dengan Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Rabu (3/7).

Nurdin Abdullah merespon positif hal ini. Nurdin pun menjelaskan, sebagai lembaga yang berkiprah di konsultan tentunya harus membangun sinergi yang baik dengan seluruh pemerintah. Baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota.

“Kita bangun sinergitas yang bagus, kita bikin standar maksimal serta kualitas bangunan yang lebih baik,” kata Nurdin Abdullah.

Untuk mendukung sinergitas tersebut, Nurdin pun meminta INKINDO Sulsel memfasilitasi dengan membuat draft aturan untuk dijadikan sebagai Keputusan Gubernur.

“Kita pakai Keputusan Gubernur saja supaya paten,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua INKINDO Sulsel Satriya Madjid mengaku, INKINDO menyediakan semua yang diinginkan Pemprov Sulsel utamanya mengenai konsultan di Sulawesi Selatan.

“Kami bisa menyediakan bahan yang dibutuhkan oleh pemerintah provinsi maupun untuk kabupaten kota se-Sulsel,” tutur politisi Demokrat Sulsel ini. (*)

Sumber : https://birohumas.sulselprov.go.id/index.php/2019/07/03/inkindo-bangun-sinergi-dengan-pemprov-sulsel/

 

BUMN Indonesia Buka Akses Pasar Ke Yordania

KBRI Amman bersama Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia Jordan Business Council (IJBC) serta perwakilan dari perusahaan kontruksi PT. Wijaya Karya (WIKA), PT. Pembangunan Perumahan (PP) Urban dan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) serta Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mengikuti gelaran The 13th International Exhibition for Build, Construction and Engineering yang digagas oleh Jordanian Construction Contractors Association (JCCA) di Yordania.

Pameran yang menghadirkan peluang pembangunan di Yordania, Irak, Mesir dan negara lainnya telah dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Yordania, Omar Al Razzaz dan berlangsung pada 24- 27 Juni 2019 di Amman International Motors Show.

Eng. Ahmad al Yacoub, Presiden JCCA dalam beberapa kesempatan menyatakan bahwa Yordania memiliki daftar proyek pembangunan di Irak dan Suriah yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan jasa konsultan konstruksi dan kontraktor konstruksi untuk turut serta pada program “Rebuilding Syria and Iraq”.

Selepas acara pembukaan, delegasi Indonesia dan seluruh peserta yang hadir menyaksikan penandatanganan dimulainya pembahasan MoU kerjasama antara JCCA dan IJBC dalam rangka menjalin kerjasama konkrit antara konsultan jasa konstruksi serta kontraktor konstruksi Indonesia dan Yordania.

Penandatanganan pembahasan MoU dilakukan langsung oleh President JCCA dan Bakti S. Luddin selaku Vice President IJBC dan disaksikan langsung oleh Princess Sumayah binti Talal, Duta Besar Nahari Agustini-Pejabat Senior Kemenlu RI, KBRI Amman, perwakilan WIKA, PP Urban, Ir. Erie Heryadi, Wakil Ketua Umum BIdang Pemerintahan, Hubungan Internasional dan Pengembangan Pasar Luar Negeri INKINDO dan PII.

Wakil KBRI Amman berharap dengan dimulainya pembahasan MoU antara JCCA dan IJBC, perusahaan jasa konsultan konstruksi Indonesia serta pelaku usaha lainnya memiliki peluang yang lebih besar untuk turut serta dalam proyek-proyek pembangunan rekonstruksi Iraq dan Suriah melalui konsorsium dengan perusahaan dan badan usaha di Yordania.

Indonesia memiliki perusahaan-perusahaan jasa konsultan konstruksi yang berpengalaman dalam melaksanakan proyek-proyek konstruksi di beberapa negara dengan hasil yang memuaskan. Tentunya, kerja sama di bidang konstruksi juga dapat dikembangkan antara Indonesia dan Yordania. Kemitraan Pemerintah dengan pelaku usaha merupakan kolaborasi dalam forum pemajuan hubungan bilateral antar negara sahabat dengan semangat “Indonesia Incorporated”.

Anggota INKINDO Wilayah Korda Malang Raya Melaksanakan Halal Bihalal 1440H Dan Pelatihan Konversi SBU DIGITAL

Anggota Inkindo Malang Raya melalui KORDA Malang Raya melaksanakan halal bihalal 1440H di Hotel Sahid Montana Kota Malang. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 juni 2019 dengan melibatkan seluruh anggota Malang Raya. Selain halal bilhalal, acara yang digagas murni oleh anggota Inkindo KORDA Malang Raya ini juga dilaksanakan pelatihan menyangkut konversi Sertifikat Badan Usaha (SBU).,

Kebutuhan konversi ke sertifikat digital dalam rangka memenuhi dinamika perubahan regulasi jasa konstruksi yang sangat dinamis. Sebagai instruktur pelatihan adalah Suhadi ST yang sekaligus sebagai Ketua BSAP Inkindo Jawa Timur serta Ibnul Fathoni SE, MM dari unsur Asesor Sertifikasi Badan Usaha.

Kanwil DJP Akan Sosialisasi Pajak kepada Anggota Inkindo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulsel melakukan audiensi dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Kanwil DJP Sulselbartra) Wansepta Nirwanda di ruang rapat Kanwil DJP Sulselbartra di Makassar, Selasa (25/6/2019).

Wansepta kepada pengurus Inkindo Sulsel yang hadir dipimpin ketuanya Satriya Madjid mengatakan, Kanwil DJP akan melakukan sosialisasi aturan-aturan perpajakan bagi seluruh anggota Inkindo.

“Kehadiran teman-teman Inkindo Sulsel ini patut diapresiasi. Kami sangat senang dan terbuka bagi teman-teman pengurus Inkindo Sulsel. Oleh karena itu, kita akan memberikan informasi dan pengetahuan tentang aturan-aturan perpajakan bagi seluruh anggota Inkindo,” ujar Wansepta didampingi Kepala Bidang P2 Humas Eko Pandoyo Wisnu Bawono, Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Azwar Syam serta Kepala Seksi Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Stefanus Siregar.

Sementara, Ketua DPP Inkindo Sulsel, Satriya Madjid mengatakan, audiensi ini membahas tentang sosialisasi aturan baru di sektor perpajakan.

“Kita memang telah mengadakan pelatihan pajak bagi anggota Inkindo. Alhamdulillah, respon Pak Kepala Kanwil (Kanwil DJP Sulselbartra) memberikan apresiasi yang luar biasa. Pak Kanwil berjanji akan segera membuat sosialisasi perpajakan kepada teman-teman Inkindo,” jelasnya.

“Saya sampaikan ke Pak Kanwil kedatangan kami audiensi untuk menyampaikan bahwa jumlah anggota kami ada 496 dan ada 100-an diantaranya anggota baru yang belum memahami regulasi perpajakan yang baru. Oleh karena itu, bisa bekerjasama dalam mensosialisasikan aturan-aturan dan tata cara pelaporan pajak kepada anggota,” tambahnya.

Hadir mendampingi Satriya Madjid, Sekretaris Inkindo Ashshiddiq, Bendahara Ridwan Kasim, dan beberapa wakil ketuannya.