Rakernas INKINDO, Tetapkan 8 Bakal Calon Ketua Umum

Konstruksi Media – Dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) yang ke-2, Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) INKINDO Peter Frans mengungkapkan beberapa hal yang saat ini tengah terjadi di sektor konstruksi dalam negeri. Salah satu yang menarik yakni menetapkan bakal calon Ketua Umum DPN INKINDO periode 2022-2026 yang berjumlah depan (8) calon.

“Sektor konstruksi Indonesia saat ini sedang tidak biasa-biasa saja, seperti masalah OSS (One Single Submission), masalah kekurangan tenaga ahli (TA). Kalau dulu ada darurat insinyur sekarang darurat SKK (Sertifikat Kompetensi Kerja) konstruksi,” ungkap Peter saat ditemui Konstruksi Media usai Rakernas INKINDO ke-2 di Hotel Mercure, Ancol, Rabu, (27/7/2022).

Ia mengatakan, saat ini jumlah tenaga ahli yang memiliki SKK baru berjumlah 7.000-an orang, sementara kebutuhannya saat ini sekitar 200 ribu SKK.

“Inilah mengapa saya katakan sektor konstruksi sedang tidak baik-baik saja, dari kebutuhan 200 ribu, hanya terpenuhi sekitar 7.000 saja. Artinya baru sekitar 3% yang terpenuhi, sementara sisanya 97% belum terpenuhi,” tuturnya.

“Kita sangat darurat (SKK), sehingga kita mendesak Pemerintah (Kementerian PUPR) untuk memberlakukan relaksasi melalui Peraturan Menteri PUPR (Permen). Infonya Permen-nya sudah ditandatangani oleh Pak Menteri PUPR, cuma belum keluar. Kita tunggu saja. Banyak relaksasi, karena belum resmi, kita tunggu dulu resminya. Tapi kita sudah suarakan di rakernas ini,” sambung Peter.

Dia mengungkapkan salah satu contohnya yakni satu tenaga ahli dapat merangkap 5 sub bidang konstruksi. Selain itu, kalau dulu sertifikat kompetensi ahli (SKA) berlaku 3 tahun sekarang masa berlakunya dikali 3 (tahun), yang berarti berlaku sampai 9 tahun.

Dia menjelaskan, Rakernas ini merupakan event (kegiatan yang harus dilakukan) sebelum Musyawarah Nasional (Munas). Sebagaimana diketahui INKINDO akan mengadakan Munas pada 5 Desember 2022 mendatang di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam rakernas ini yang juga menjadi perhatian yakni mengubah role sharing (pembagian keuntungan) antara DPN INKINDO, LSINKINDO dan DPP (Dewan Pengurus Provinsi) INKINDO.

Karena para anggota merasa role sharing yang lama sudah tidak update. Sehingga akan dilakukan perbaikan dengan yang baru.

Tak hanya itu, dalam Rakernas tersebut juga ditetapkan calon Ketua Umum INKINDO untuk periode 2022-2026. Di mana terdapat delapan (8) calon yang akan menjadi Ketua Umum DPN INKINDO.

Info selengkapnya dapat kunjungi di
Media Konstruksi

Pererat Kolaborasi, INKINDO Kunjungi Dekkson Knowledge Hall

Konstruksi Media – Anggota Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Dekkson Knowledge hall, showroom sekaligus sarana belajar tentang perangkat dan aksesoris pintu dan jendela (door and window hardware).

Tak hanya dari Jakarta, anggota INKINDO dari daerah seperti Banten, Jawa Barat, Surabaya dan Gorontalo turut hadir untuk berbagi ilmu pengetahuan dan menggali ide berkaitan dengan pintu dan jendela.

“Kita saling membutuhkan, tidak banyak vendor seperti Dekkson di dunia konstruksi dengan beberapa spesifikasi. Kita ingin mengetahui lebih detil mengenai tentang produk yang ditawarkan oleh Dekkson,” kata Sekretaris Jenderal INKINDO Darmadjaja di Dekkson Knowledge Hall, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (22/6/2022).

Ia mengatakan, INKINDO terbantu dengan kehadiran Dekkson di setiap Musyawarah Provinsi (Musprov) dan berterima kasih telah diundang ke showroom-nya untuk melihat secara nyata produk yang ditawarkan.

“Kita berharap Dekkson bisa membantu saat Musyawarah Nasional (Munas) INKINDO yang akan datang,” ucap Darmadjaja.

CR & Specification Unit Head PT Fajar lestari Sejati (Dekkson) Dyah Ayu Puspitasari mengatakan, Dekkson memiliki knowledge hall tempat pendidikan, laboratorium, sampel dan teknologi, untuk mengedukasi tentang teknologi kunci dan pintu, termasuk manual dan otomatis.

“Kita ingin rekan-rekan INKINDO yang berhubungan dengan pembangunan kontruksi lebih mengetahui mengenai produk yang kami tawarkan,” ucap Dyah.

Ia mengatakan, Dekkson selalu support dan memberikan yang terbaik untuk INKINDO di seluruh Indonesia. Apalagi, kata Dyah, beberapa produk sudah banyak dipakai diperencanaan dan produksi anggota INKINDO.

“Kita berharap kerja sama terus berlangsung dan bisa terus support INKINDO,” kata dia.

 

Cr.By Media Konstruksi

Hut Ke-43, INKINDO Wujudkan Jasa Konsultan Yang Berintegritas

Konstruksi Media – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) tepat pada 20 Juni merayakan hari jadinya yang ke-43. Sejalan dengan visinya yakni terwujudnya perusahaan Jasa Konsultan yang berintegritas, professional dan inovatif. INKINDO terus berupaya meningkatkan profesionalitas sebagai konsultan terkemuka di Indonesia.

Ketua Umum INKINDO Ir. H. Peter Frans mengatakan konsultan harus bisa menangkap ide atau gagasan, yang gkemudian dituangkan dalam bentuk desain, pekerjaan, pengawasan, penggunaan dan seterusnya.

Ia menjelaskan peran konsultan dalam setiap pembangunan sangat penting.

“Pada prinsipnya konsultasi itu tidak hanya terkait infrastruktur saja, akan tetapi dari hulu hingga ke hilir mecakup segala aspek kehidupan manusia. Tidak ada negara maju tanpa konsultannya yang maju, begitu juga tidak ada negara yang hebat tanpa konsultannya yang hebat karena konsultan membangun peradaban,” ungkap Peter di momen hari jadi INKINDO yang ke-43, Senin, (20/6/2022).

Untuk itu, lanjutnya, dalam menjalankan segala bentuk aktivitasnya INKINDO memiliki misi salah satunya yakni untuk menjadikan INKINDO sebagai Organisasi Pembelajaran (Learning Organisation) yang stabil dan elastis;

Kemudian, meningkatkan efektivitas INKINDO sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antar Anggota dengan para pemangku kepentingan; lalu menegakkan norma dan kode etik serta aturan organisasi; juga meningkatkan profesionalitas dan kompetensi Anggota; selanjutnya mewujudkan dan menjaga marwah usaha jasa konsultan; selain itu juga mewujudkan dan menjaga iklim usaha jasa konsultan yang kondusif; serta menciptakan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat dan berwawasan lingkungan.

Salah satunya yakni dalam pembangunan mega super prioritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Peter Frans mengungkapkan peran konsultan lokal ikut terlibat dari mulai desain hingga lainnya. Seperti halnya pemenang sayembara desain IKN yakni Sibarani Sofian.

“Pak Sibarani Sofian dan timnya (Urban+) menjadi pemenang dalam sayembara IKN yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR. Sibarani merupakan seorang konsultan arsitek, dengan mngusung tema ‘Nagar Rimba Nusa’ beliau berhasil memenangkan sayembara desain IKN, dengan konsep yang ditawarkan yakni tata kota modern, pembangunan manusia, sifat manusia, dan kelestarian alam,” terang Peter.

Ia melanjutkan, untuk desain istana presiden yang akan dibangun di IKN yaitu mengusung konsep Istana Burung Garuda karya I Nyoman Nuarta yang dipilih langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Cr. By:  Media Konstruksi

Info Penting, Billing Rate INKINDO 2022

Sehubungan dengan Masa Pandemi saat ini, maka INKINDO untuk tahun 2022 ini tidak mengeluarkan Billing Rate dikarenakan Indikator ekonomi makro di Indonesia masih belum stabil sehingga Billing Rate 2021 masih tetap dapat dipergunakan.

Sesuai AD/ART, Munas Kadin di Kendari Memang Harus Ditunda


Ketua Umum Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO), Peter Frans menegaskan, penyelenggaraan Munas Kadin Indonesia ke-8 yang diwacanakan digelar di Kendari pada 30 Juni 2021 mendatang memang harus dibatalkan.

Sebagai salah satu anggota luar biasa (ALB) yang secara total memiliki hak 30 suara dalam Munas Kadin, Peter mengaku bahwa pihak ALB tidak akan bisa mengirim perwakilan ke Munas Kadin di Kendari.

Hal itu karena konvensi ALB tidak dapat digelar sesuai rencana pada 25 Juni 2021 besok di Jakarta Convention Center (JCC). Padahal ALB harus dilakukan untuk menentukan siapa saja asosiasi yang berangkat ke Munas Kadin.

“Saya baru terima surat dari Sekda Provinsi DKI Jakarta bahwa acara konvensi ALB yang direncanakan digelar di JCC tanggal 25 Juni 2021, tidak bisa dilakukan sampai kasus COVID-19 di DKI menurun. Artinya tidak ada waktu yang jelas kan,” kata Peter saat berbincang dengan VIVA dikutip Rabu, 23 Juni 2021.

Konvensi ALB Kadin itu dilakukan untuk menentukan 30 asosiasi yang mewakili ALB di Munas Kadin nanti. Dengan demikian, lanjut Peter, maka bisa dipastikan bahwa Munas Kadin di Kendari pun tidak bisa dilaksanakan. Hal itu sesuai yang diatur dalam AD/ART dan sudah merupakan keharusan.

“Kita harus melihat AD/ART di Kadin, di mana salah satu peserta Kadin adalah anggota luar biasa (ALB) yang terdiri dari para asosiasi dengan total suara 30,” ujarnya.

Sementara, di jajaran para asosiasi sendiri, salah satu syarat untuk berangkat menjadi peserta Munas Kadin adalah melakukan konvensi sebagaimana yang telah diatur pula dalam AD./ART.

“Itu yang ngomong AD/ART, bukan saya. Jadi harus kita penuhi dong AD/ART ini,” kata Peter.

Dengan adanya surat dari dari Sekda DKI Jakarta untuk tidak menyetujui izin pelaksanaan konvensi ALB tersebut, maka secara hukum Munas Kadin di Kendari tidak bisa dilakukan karena tidak ada perwakilan dari ALB yang berangkat.

Artinya, Peter menegaskan, secara hukum dan mengacu AD/ART Kadin, Munas tidak bisa dilakukan di Kendari karena konvensi ALB tidak bisa diselenggarakan.

“Jadi saya tidak berbicara secara politis, tapi berdasarkan AD ART Kadin bahwa peserta dari ALB harus mewakili dengan kuota sebanyak 30 orang atau suara,” ujarnya.

 

Fikri Halim, Mohammad Yudha Prasetya

Rab, 23 Juni 2021 8.00 AM

Sumber : id.berita.yahoo.com

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) merupakan Asosiasi Perusahaan Jasa Konsultan di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1979 di Jakarta.

KONTAK KAMI

Jl. Bendungan Hilir No. 29, Jakarta Pusat 10210

Telp: (021) 5738577

Hp/Hotline: 081315289207

Email: inkindo@inkindo.org