ROADMAP MENUJU INKINDO EMAS 2030

Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2005-2025 adalah sebuah kesepakatan bersama tentang peta arah dan kerangka kerja pembangunan nasional menuju Indonesia Maju, Mandiri dan Adil.

Rencana pembangunan ini merupakan kelanjutan dari pembangunan sebelumnya untuk mencapai tujuan pembangunan sebagaimana diamanatkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“INKINDO MANDIRI DEMI KEUNGGULAN NEGERI”

Sangat penting dan mendesak bagi bangsa Indonesia untuk melakukan penataan kembali berbagai langkah-langkah, antara lain di bidang pengelolaan sumber daya alam, sumber daya manusia, lingkungan hidup dan kelembagaannya sehingga bangsa Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dan mempunyai posisi yang sejajar serta daya saing yang kuat di dalam pergaulan masyarakat Internasional.

Dalam konteks pembangunan ekonomi, arah yang ingin dituju RPJP Nasional adalah terwujudnya perekonomian yang maju, mandiri, dan mampu secara nyata memperluas peningkatan kesejahteraan masyarakat berlandaskan pada prinsip-prinsip ekonomi yang menjunjung persaingan sehat dan keadilan, serta berperan aktif dalam perekonomian global dan regional dengan bertumpu pada kemampuan serta potensi negeri.

Konsultan Indonesia sebagai salah satu sektor penting dalam upaya mewujudkan cita-cita tersebut, perlu menetapkan perannya, terutama dalam membangun daya saing bangsa. Keterlibatan berbagai unsur dalam sektor ini juga akan menjadi modal yang amat penting demi pencapaiannya.

Karena itu suatu agenda atau kerangka kerja bersama yang dalam dokumen ini dinamakan sebagai Roadmap Menuju INKINDO Emas 2030: “INKINDO Mandiri Demi Keunggulan Negeri” kemudian disusun sebagai upaya memetakan jalan bagi cita-cita INKINDO sebagai sebuah organisasi badan usaha penyedia jasa konsultansi di Indonesia, hingga tahun 2030.

Mengapa tahun 2030? Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) akan tepat berusia 50 tahun pada tanggal 20 Juni 2029 yang akan datang.

Pada usia emas itu, INKINDO sebagai organisasi yang memiliki komitmen terhadap kemajuan bangsa, berupaya dapat tumbuh berkembang mengiringi kemajuan itu dengan mengandalkan kemandirian yang menghasilkan keunggulan.

Tahun 2030 juga dimaksudkan sebagai tonggak waktu dimana Indonesia pada masa itu dicita-citakan akan menjadi salah satu negara maju di dunia.

Layaknya buah pikiran yang terus berkembang, dokumen ini tentu saja akan memerlukan upaya penyempurnaan dari waktu ke waktu.

Dinamika perubahan yang tidak bisa terhindarkan juga membuat dokumen ini membutuhkan pemutakhiran secara kontinyu.

Akhir kata, Tim Penyusun menyampaikan penghargaan dan terimakasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan dokumen Roadmap Menuju INKINDO Emas 2030:INKINDO Mandiri Demi Keunggulan Negeri” ini.

Semoga segala upaya kita bersama dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan di negeri tercinta ini.

Lihat Roadmap INKINDO