RAKERNAS INKINDO 2019: KONSULTAN MEMEGANG PERANAN PENTING DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

526 Views

[4 April 2019]

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) INKINDO yang diselenggarakan di Jogyakarta dibuka pada hari ini, 4 April 2019. Sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi menyebutkan bahwa pesatnya pembangunan yang ada saat ini perlu direnspons secara proaktif oleh INKINDO, sehingga konsultan Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Peningkatan profesionalisme konsultan dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan memberikan dampak pada meningkatnya kualitas pembangunan. Itu sebabnya konsultan memegang peranan penting dalam pembangunan nasional. Selain itu, INKINDO diharapkan dalam melaksanakan kegiatan organisasinya mengedepankan prinsip integritas, profesional dan inovatif.

Rakernas INKINDO 2019 mengambil tema “Bersama Membangun INKINDO yang Modern dan Profesional” berlangsung pada tanggal 4-7 April 2019. Tema tersebut menggambarkan semangat INKINDO untuk dapat mewujudkan organisasi yang modern dan profesional agar dapat melakukan pelayanan, pembinaan dan perlindungan terhadap anggota secara efektif, baik di tingkat nasional maupun provinsi. Ketua Umum DPN INKINDO Peter Frans,  menyatakan agar Pemerintah lebih memberdayakan potensi kekuatan konsultan nasional, dengan  melibatkan INKINDO dalam penyusunan kebijakan, dari mulai pembahasan loan-agreement, studi kelayakan, perencanaan  hingga implementasinya, sehingga pembangunan infrastruktur dapat lebih optimal dan akuntabel, baik dalam tahap pelaksanaan maupun operasional dan pemeliharaannya.

Jasa konsultansi memiliki peran strategis, karena bisa terlibat dari hulu hingga hilir suatu siklus hidup proyek, yaitu dari mulai identifikasi, studi kelayakan, pradesain, detail desain, supervisi, operasi dan pemeliharaan suatu proyek, serta evaluasi suatu proyek. Rakernas INKINDO 2019 dihadiri oleh 320 peserta dari seluruh Indonesia, terdiri dari perwakilan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) INKINDO yang berasal dari 34 provinsi dan Dewan Pengurus Nasional (DPN) INKINDO. Pemaparan program-program pada Rakernas INKINDO 2019 ini diharapkan mampu menghasilkan energi baru, semangat baru, menciptakan sinergi, dan menguatkan ikatan, serta kerjasama di antara para anggota INKINDO.

Baca Juga:

No comments