SINERGI DENGAN PEMERINTAH PROVINSI BALI

165 Views

[5 Maret 2019]

Ketua DPP INKINDO Bali, Ir. Ketut Gupta beserta jajaran pengurus INKINDO Bali lainnya  berkesempatan menjumpai Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M. di rumah jabatannya di Jaya Sabha, Denpasar. Pada pertemuan tersebut INKINDO Bali memaparkan regulasi yang belum mengakomodasi kepentingan konsultan lokal untuk kegiatan yang dibiayai oleh APBD Provinsi/ Kabupaten Kota.

Terkait dengan hal tersebut Gupta memberikan masukan berupa draft Peraturan Gubernur tentang Perlindungan Usaha Kecil dan Menengah (PUKM) di Bali yang sesuai dengan amanat dan ketentuan Undang-Undang Jasa Konstruksi No. 2 Tahun 2017 dan Undang-undang UMKM No. 20 Tahun 2008. Semangatnya adalah melindungi usaha kecil dan menengah yang ada di daerah, meningkatkan pertumbuhan perekonomian Bali, serta memberikan kesempatan kerja bagi tenaga ahli yang bekerja di Bali.

Lebih lanjut Gupta menyampaikan peluang pasar jasa konsultansi di sektor pemerintah saat ini mengalami penurunan dan tidak seimbang dengan jumlah konsultan yang ada di Bali. Sehingga dipandang perlu dibukanya peluang pasar yang lebih luas di sektor swasta, yang selama ini hanya dipegang oleh konsultan dari luar Bali. Kehadiran rekanan konsultan luar Bali yang hanya bermodalkan pengalaman kerja dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan perekonomian Bali ke depan.

Menanggapi masukan tersebut, Koster menyambut positif dan berharap agar INKINDO selalu dapat bersinergi dengan pemerintah daerah. Gubernur juga antusias dengan konsep usulan Peraturan Gubernur tentang PUKM di Bali. Sehingga sebagai tindak lanjut dari pertemuan dengan INKINDO BALI, pemerintah akan menyiapkan berbsagai kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kerja yang ada di Bali agar mereka memiliki daya saing tinggi serta siap berperan dalam pembangunan Bali. Selain itu juga akan meninjau ulang ketentuan berlakunya pengupahan minimal bagi tenaga ahli.

Jajaran pengurus DPP INKINDO Bali menyatakan dukungannya  terhadap visi Gubernur Bali “Nangun Sad Kerti Loka Bali” yang menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya. Semoga sinergi ini menjadi langkah baik bagi akselerasi berbagai kegiatan DPP INKINDO Bali.

Baca Juga:

No comments